Arjuna Collections Goes to Merapi

Bismillah...semangat Pagi semuanya!
Berikut Catatan singkat pendakian gunung Merapi, yang telah kami lakukan kemarin tanggal 9-10 juli 2017. Harapan saya smoga bermanfaat utk temen lain yang tertarik melakukan pendakian gunung merapi.

Part #1 Perjalanan yang lancar dan dimudahkan.

Sebelumnya tentang profil gunung merapi
Tinggi 2930 MDPL
Wilayah: Jawatengah dan Yogyakarta (sleman, Magelang, Boyolali)
Lokasi basecamp: Kecamatan Selo Boyolali

Niat: Tadabur Alam
Tema kegiatan:  Arjuna Collections goes to Merapi

Perkap : -
doom,career,matras,mantol kllwar,kompor &gas,pisau,korek,senter, baju ganti/dobel
Perbekalan : mknn,mnumaan yang cukup untuk team.

Sebelum melakukan pendakian/champing sebaiknya dicek Perlengkapan dulu, terutama baju dobel (antisipasi dingin), sleepingbed, minuman yang cukup.

Hari #1
Team Arjuna berangkat dr Sukorejo sabtu, 8 juli 2017 jam 4 sore, menuju ke Kecamatan selo Boyolali. Alhamdulillah kami sangat beruntung dan bersyukur perjalanan berangkat dari Sukorejo sangat lancar dan dimudahkan..didukung Lalulintas yang lancar, cuaca bagus, malam menjelang purnama sehingga terang,. Perjalanan melewati kota temanggung nan bersih, kota magelang dan Sampai Kecamatan selo Boyolali sekitar jam 9.30 malam. Kami menginap disalah satu rumah penduduk yang ramah menyambut kami dan mempersilahkan untuk menginap.

Hari #2
Ahad, 9 juli 2017
Bangun jam 03.30...saya mencari masjid utk persiapan sholat subuh. Alhamdulillah sekitar 100 meter dr penginapan, saya menemukan masjid yang sedang direnovasi. Saya melihat masjid ini cukup besar dan megah namun sayang, jamaah subuh nya sedikit, bahkan bisa dibilang sepi. Saya berkenalan dengan bapak Suwo, yang berlaku sebagai Muazim dan Imam. Seperti warga lain yang kami temui, beliau sangat ramah menyambut tamu para pendaki gunung. Jamaah sholat subuh hanya diikuti oleh 3 orang termasuk seorang ibu di shof wanita. Alhamdulillah beberapa saat kemudian Team Arjuna yang lain datang menyusul.

Seusai sholat subuh, kami mengobrol. Dengan sangat ramah, bapak Suwo mempersilahkan kami untuk mampir kerumah beliau, disana pembicaraan kami lanjutkan.

Beliau mulai bercerita tentang kehidupan warga disekitar selo Boyolali. Kebanyakan warga berprodesi sebagai petani sayur dan tembakau. Warga juga beternak sapi. Hampir setiap rumah warga memelihara sapi. Pak Suwo sendiri menceritakan bahwa kegiatan beliau sehari hari adalah mencari rumput utk makan ternak, berladang, setelah itu menuju kiosnya yang berada dipasar berjualan pakan ternak dan bahan bangunan. Sesekali beliau juhe menerima jasa angkutan bagi para Pendaki gunung yang akan pulang.

Jam 9 pagi, sesuai rencana, kami berlima (Saya, Ajik, Amri, Aziz dan Rijal) berangkat start dari lokasi new selo. Alhamdulillah cuaca cukup cerah, udara dingin dan segar membuat kami lebih bersemangat.

Dari lokasi new selo sampai gerbang pendakian kami masih sering jumpai ladang sayur mayur dan tembakau..sesekali kami berpapasan dengan warga yang bekerja diladang, merawat ladang atau mencari rumput untuk makanan ternak. Kami juga banyak berpapasan dengan Pendaki lain yang naik/sedang turun atau sedang beristirahat.